Nurlita, Sella (2023) PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116 BANGKO. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
27. SELLA NURLITA.pdf
Download (377kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan model inkuiri kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa rasa keingintahuan dalam Pelajaran tematik tema 9 subtema 1 pembelajaran siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko masih rendah. Penyebabnya guru kurang efektif dalam memilih dan menerapkan model yang tepat dalam pembelajaran tematik, dan Guru kurang membimbing peserta didik untuk memperoleh pengetahuan secara mandiri. Penerapan model inkuiri merupakan salah satu model yang tepat untuk memberikan solusi yang tepat dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Membantu meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model inkuiri kelas V di Sekolah Dasar Negeri 116 Bangko. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dengan dua siklus. Dalam siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model inkuiri dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan persentasi keberhasilan siswa pada pra siklus memperoleh 57% pada siklus I memperoleh ketuntasan 60%, dan siklus II memperoleh ketuntasan 89,75% dengan kategori sangat baik. 2) Hasil observasi aktivitas siswa sebesar sebesar 57% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,75%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 9 subtema 1 pembelajaran 1.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:20 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1762 |