SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL- MUNAWAROH DIDESA TANJUNG PUTUS KECAMATAN TABIR BARAT KABUPATEN MERANGIN

SEPRIANI, AS150515 and Ritonga, Jago and Asmawati, Asmawati (2019) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL- MUNAWAROH DIDESA TANJUNG PUTUS KECAMATAN TABIR BARAT KABUPATEN MERANGIN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL- MUNAWAROH DIDESA TANJUNG PUTUS KECAMATAN TABIR BARAT KABUPATEN MERANGIN SKRIPSI)
AS150515_SEPRIANI_SPI - Devi Asrianti.pdf - Published Version

Download (941kB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi latar belakang penulis sehingga tertarik untuk mengkaji dengan judul “Upaya Pondok Pesantren Al-Munawaroh Dalam Peningkatan Pemahaman Keagmaan Masyarakat Di Desa Tanjung Putus Kecamatan Tabir Barat Kabupaten Merangin ”. Yaitu bahwa Peran Pondok Pesantren Al- Munawaroh dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat yaitu sebagai lembaga pendidikan, keagamaan, dan lembaga pemberdayaan umat merupakan petunjuk yang sangat berarti bagi masyrakat desa tanjung putus. Penelitian ini adalah penelitian yang berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian ini bertujuan untuk menemukan, bagaimana pondok pesantren al- munawaroh dalam meningkatkan keagamaan masyarakat, factor penghambat sistem pendidikan dalam membentuk kepribadian santri. Data yang diambil berupa data yang diperoleh melalui observasi, wawancawa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang Peran Pondok Pesantren Al- Munawaroh dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat yaitu sebagai lembaga pendidikan, keagamaan, dan lembaga pemberdayaan umat merupakan petunjuk yang sangat berarti bagi masyarakat desa tanjung putus. Upaya yang di lakukan pesantren Al-Munawaroh untuk miningkatkan kualitas santri dan santriwati yaitu Aktivitas belajar dilokal jam 7:00 dan sampai jam 4.00 sore, kita adakan ekstrakurikuler malam hari setelah sholat magrib sampai isha, kadang setelah sholat isha. kita adakan lagi, ekstrakurikuler ada beberapa macam seperti muhadaroh dan seni baca Al-qur’an, ekstrakurikuler yang diadakan pada malam hari, diadakan juga les computer bagi anak-anak kelas 3 Aliyah, 2 dan 3 Mts diwajibkan mengikuti les computer, les ini dilakukan satu minggu sekali, dengan belajar ini anak-anak nantinya bisa mengabdi kemasyarakatan dengan kecangihan teknologi. Faktor Penghambat Sistem Pendidikan Dalam membentuk kepribadian santri yaitu pengaruh teman yang kurang baik, sering nya bolos, keluarga yang kurang harmonis, orang tua tidak peduli akan pendidikan anak nya, dan juga di pondok pesantren ini masih ada beberapa santri yang mebawa HP kedalam asrama, sehingga itu sangat mengganggu santri dalam belajar. Untuk mengatasi hal tersebut kami dari pihak pengurus seminggu sekali mengadakan razia elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Pondok Pesantren,Upaya Yang Dilakukan Pesantren,Faktor Penghambat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x9 Sejarah Islam dan Biografi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Apr 2020 11:42
Last Modified: 17 Apr 2020 11:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item