MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH MENJADI KHALAFIYAH DI PROVINSI JAMBI

Sumanto, and Mukhtar, and Marwazi, (2018) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH MENJADI KHALAFIYAH DI PROVINSI JAMBI. Disertasi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Disertasi SumantoTerbuka 2018 - Sumantompdi Sumanto.pdf

Download (5MB)

Abstract

, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa manajemen kepemimpinan transformasional kiai belum sepenuhnya dapat mengembangkan pondok pesantren salafiyah menjadi khalafiyah di Provinsi Jambi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yaitu: pertama, kiai belum sepenuhnya dapat mengembangkan pondok pesantren Salafiyah menjadi Khalafiyah di Provinsi Jambi karena adanya persaingan global, kultur budaya masyarakat, tuntutan internal dan eksternal. Kedua, manajemen transformasional kiai yaitu manajemen kharismatik, manajamen kolektif, manajemen haul dan milad. Ketiga, pengembangan pondok pesantren Salafiyah yaitu menyelenggarakan pendidikan sekolah dan luar sekolah, mengintegrasikan pelajaran pondok dan umum, menyelenggarakan bidang keterampilan, menghidupkan sentra-sentra ekonomi pondok sperti perkebunan kelapa, buah pinang, dan pembibitan ikan dan koperasi dapur. Keempat, manajemen transformasional kiai yaitu kharismatik, kolektif, pendelegasian wewenang dalam menjadikan pondok pesantren mengembangkan pondok pesantren transformatif. Kesimpulan dari manajemen kepemimpinan transformasional kiai; belum sepenuhnya dapat mengembangkan pondok pesantren salafiyah menjadi khalafiyah. Implikasi manajemen kepemimpinan transformasional kia dalam pengembangan pondok pesantren salafiyah menjadi khalafiyah dengan kharismatik, percaya diri, bertanggungjawab, berani menghadapi tantangan, visioner.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: Mukhtar
Keywords / Katakunci: Manajemen, Kepemimpinan Transformasional, Pengembangan Pondok Pesantren Salafiyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Doktoral
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 04:28
Last Modified: 11 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item