HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA, KOMITMEN, DAN AKUNTABILITAS KERJA DENGAN PENGEMBANGAN KARIR GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI PROVINSI JAMBI

Sodiah, and Mukhtar, and Muntholib, (2018) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA, KOMITMEN, DAN AKUNTABILITAS KERJA DENGAN PENGEMBANGAN KARIR GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI PROVINSI JAMBI. Disertasi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
DISERTASI SODIAH - Sodiah UIN STS JAMBI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja dengan pengembangan karir guru secara parsial dan simultan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Jambi. Populasi penelitian adalah guru Pegawai Negeri Sipil dengan jumlah sampel 94 guru yang dipilih secara total sampling. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment Pearson dan regresi berganda. Hasil penelitian terdiri dari empat temuan: 1) Iklim kerja berkorelasi signifikan yang kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 77,2%, 2) Komitmen berkorelasi signifikan yang sedang dengan pengembangan karir guru sebesar 53,1%, 3) Akuntabilitas kerja berkorelasi signifikan yang kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 69,7%, 4) Iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja guru secara bersama-sama berkorelasi signifikan yang sangat kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 83,5%. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa jika semakin baik iklim kerja, komitmen guru, dan akuntabilitas kerja guru maka pengembangan karir guru akan meningkat. Sehingga guru, Kepala Madrasah, dan Kementerian Agama harus bekerjasama menciptakan iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja yang baik serta melaksanakan pelatihan dan seminar silang yang mendukung peningkatan karir di madrasah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: Mukhtar
Keywords / Katakunci: Iklim Kerja, Komitmen, Akuntabilitas Kerja dan Pengembangan Karir
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Doktoral
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 04:25
Last Modified: 05 Nov 2019 03:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item