TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK OLEH SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MUARO JAMBI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014

ABD. RAHMAN, SPI 162526 and Zaki, Muhammad and Alpian, Elvi (2019) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK OLEH SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MUARO JAMBI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI ABDURRAHMAN - abdurrahman jambi.pdf

Download (996kB)
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK OLEH SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MUARO JAMBI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014)
SKRIPSI ABDURRAHMAN - abdurrahman jambi.pdf - Published Version

Download (996kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan ingin mengetahui pelaksanaan pelayan administratif, manajemen Pelayanan Publik (pengelolaan pengaduan masyarakat) Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro Jambi, serta faktor penghambat dalam pelayanan administratif di Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro Jambi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Dengan jenis penelitian Yuridis Sosiologis. Dari pembahasan dan hasil penelitian dapat diberikan beberapa kesimpulan pertama Pelaksanaan Pelayan Administratif dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro Jambi berupa penyelenggaraan administrasi umum, selain itu hal paling penting dalam pelayanan publik yang dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro Jambi adalah pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif, dimana koordinasi pelayanan publik dilakukan dengan berbagai instansi pemerintahan, untuk itu bagian Asisten Administrasi umum memiliki tugas merumuskan kebijakan dan pembinaan pelayanan publik. Kedua Manajemen pengaduan terdiri dari proses pengaduan dan penanganan pengaduan. Dimana pengaduan yang disampaikan dari masyarakat lalu dilakukan pencatatan dan pendokumentasian, kemudian pilah dan pilih dengan prinsip mulai dari yang paling mendesak dan mulai dari yang bukan surat kaleng, mengumpulkan data dan informasi terkait dengan masalah yang diadukan, pembuatan tanggapan dan penanganan (responds) atas pengaduan tersebut, sampaikan responds pada pihak pengadu untuk memperoleh umpan balik, Meminta dan mencatat umpan balik dari pihak pengadu dan respon yang mereka terima, pembuatan laporan penanganan, dan penyampaian laporan penanganan pengaduan kepada pihak-pihak terkait. Ketiga Penghambat dalam pelayanan administratif di Sekretariat Daerah Kabupaten Muaro Jambi adalah SDM yang kurang mengusai administrasi, sarana dan prasarana yg belum maksimal dan kurangnya koordinasi tentang pelayanan dokumen tidak lengkap, koordinasi dan komunikasi kurang efektif, adanya jadwal yg bersamaan. Solusi dalam menghadapi kendalanya, membuat papan pengumuman dan Informasi terkait persyaratan yg harus dilengkapi dalam peminjaman atau pemakain Gedung, Koordinasi antara pihak peminjaman sama penyedia dilaksanakan dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pelayanan, Publik, Sekretariat Daerah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2020 00:39
Last Modified: 17 Apr 2020 00:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item