PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ITTIKHADUL KHOIRIYAH MUARO JAMBI

SITI MAISARAH, TF 151106 and Gusmira, Eva and Rosmalinda, Desy (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ITTIKHADUL KHOIRIYAH MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ITTIKHADUL KHOIRIYAH MUARO JAMBI)
SITI MAISARAH_TF151106_TADRIS FISIKA - May Sarah.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Swasta Ittikhadul Khoiriyah Muaro Jambi melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual. Penerapan Pembelajaran Kontekstual ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Ittikhadul Khoriyah Muaro Jambi dengan jumlah 20 orang siswa yang terdiri 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di kelas VIII, penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran diukur dari evaluasi Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada siklus I 73,75 dan siklus II 81,75. Jumlah presentase siswa yang berhasil pada siklus I adalah 60% dan siklus II adalah 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa kelas VIII di sekolah Madrasah Ittikhadul khoriyah Muaro Jambi .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Kontekstual,Hasil Belajar, IPA
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 16 Apr 2020 17:02
Last Modified: 16 Apr 2020 17:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item