PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ningsih, Melisa Widia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. MELISA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Alat peraga adalah media pembelajaran dengan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran dan dapat diartikan sebagai suatu perangkat benda yang konkrit & dirancang, dibuat dan disusun secara sengaja untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran IPA. Pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran IPA sangat diperlukan karena terdapat hal-hal abstrak yang mudah menimbulkan miskonsepsi jika hanya dijelaskan menggunakan teori atau hanya gambar saja. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True Experimen Design, desain penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Jumlah sampel pada penelitian ini 31 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas kontrol. Sedangkan pada proses pengumpulan data menggunakan lembar angket motivasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi, dengan nilai = 10,6 > = 0,361, maka (Hipotesis Alternatif) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:06
Last Modified: 07 Nov 2024 02:06
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item