KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ISTIQOMAH PENARUN KECAMATAN BATHIN VIII KABUPATEN SAROLAGUN

SHIDIQ SUPRIYANTO, TP.151458 and Idris, Ilyas and Muhammad, Habib (2019) KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ISTIQOMAH PENARUN KECAMATAN BATHIN VIII KABUPATEN SAROLAGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ISTIQOMAH PENARUN KECAMATAN BATHIN VIII KABUPATEN SAROLAGUN)
SHIDIQ SUPRIYANTO-TP151458 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para guru mengalami permasalah dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, terutama kurangnya minat anak didik dalam membaca mempelajari bacaan Al-Qur'an dan Hadits. Hal ini diindikasikan dengan anak kurang konsentrasi pada saat belajar Al-Qur'an dan Hadits, mengantuk dan bila disuruh membaca dan mempelajari al-Qur’anmasih banyak bacaan al-Qur’an anak yang belum fasih dan kurangnya semangat anak dalam belajar al-Qur’an hadits. Para guru sudah berusaha melakukan berbagai kreativitas untuk membangkitkan minat anak tersebut akan tetapi upaya tersebut belum berhasil secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang Kreativitas guru al-Qur’an-Hadits dalam membentuk kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII MTs Swasta Istiqomah Penarun. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang dokumen TPQ Raudhatul Mujawwidin. Hasil penelitian menemukan bahwa kreativitas guru Al-Qur’an dan Hadits dalam membentuk kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Istiqomah Penarun adalah : penerapan metode yang efektif, menggunakan media pembelajaran, memberikan motivasi belajar anak, Melakukan Penilaian (Evaluasi) terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Minat siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Istiqomah Penarun dalam belajar membaca Al-Qur’an, terlihat bahwa siswa sangat antusias dalam mengikuti pelajaran, sehingga pembelajaran Al-Qur’an berjalan baik dan kondusif, namun sebagian ada juga siswa yang hanya cendrung bermain sehingga timbul keributan disaat pelajaran. Meskipun demikian terlihat guru selalu berupaya untuk mengendalikan keadaan dengan memberikan metode mengajar yang sefesifik mungkin serta tidak membosankan. Sedangkan kendala guru Al-Qur’an dan Hadits dalam membentuk kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Istiqomah Penarun Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolagun adalah: Masih adanya siswa yang kurang minat untuk belajar membaca Al-Qur’an. Masih adanya siswa yang kurang disiplin dalam belajar membaca Al-Qur’an. Kurangnya perhatian atau dukungan serta kerjasama orang tua dan masih ada siswa yang sangat sulit untuk diajari membaca Al-Qur’an. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru al-Qur’an Hadis kepada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Istiqomah Penarun, Kabupaten Sarolangun dalam mengatasi kendala tersebut adalah : Selalu Memberi nasehat kepada siswa, Meningkatkan latihan membaca al-Qur’an kepada anak didik, Berupaya mengajar dengan baik dan memberikan motivasi belajar al-Qur’an kepada anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kreativitas guru al-Qur’an-Hadits, Membaca Al-Quran, membentuk kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 16 Apr 2020 14:31
Last Modified: 16 Apr 2020 14:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item