PELAYANAN PUBLIK BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI: Studi Pada Pelayanan di bagian Sirkulasi dan Referensi

DADANG IRWANSYAH, SIP 130031 and Ulum, Bahrul and Kusnadi, Dedek (2017) PELAYANAN PUBLIK BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI: Studi Pada Pelayanan di bagian Sirkulasi dan Referensi. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PELAYANAN PUBLIK BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI: Studi Pada Pelayanan di Bagian Sirkulasi dan Referensi)
SIP130031_Dadang Irwansyah_PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN - MARWAN SATAR.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: “pelayanan publik badan perpustakaan dan arsip daerah propinsi Jambi studi pada pelayanan di bagian sirkulasi dan referensi”. adanya kebijakan publik yang diambil dan oleh pemerintahan sehingga kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam segala segi dapat terpenuhi. Pemerintahan selalu melayani keinginan warga negaranya, bukan sebaliknya warga negaralah yang melayani pemerintahan selama roda pemerintahan berjalan. namun, selama ini yang mereka rasakan bahwa tuntutan akan pelayanan publik yang berkualitas jauh dari harapan, malahan pelayanan itu penuh dengan birokrasi yang berbelit-belit, hal ini lah yang menjadi salah satu permasalahan dalam penelitian. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk pelayanan publik dan cara meningkatkan pelayanan publik di badan perpustakaan dan arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jambi pada bagian sirkulasi dan referensi. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (verification) dan Trianggulasi yang digunakan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: bentuk pelayanan publik di badan perpustakaan dan arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jambi pada bagian sirkulasi dan referensi diantaranya sebagai berikut: bentuk pelayanan publik dengan cara pelayanan terbuka (Open Access) dan pelayanan tertutup (Closed Access), pelayanan publik untuk keanggotaan, peminjaman dan pengembalian, pelayanan publik untuk perpanjangan, penagihan dan sanksi. Sedangkan bentuk pelayanan publik di bagian referensi dilakukan dengan memaksimalkan pelayanan informasi, memaksimalkan layanan langsung dan tidak langsung. cara meningkatkan Pelayanan Publik dilakukan dengan perawatan dan pemeliharaan sumber-sumber informasi untuk meningkatkan pelayanan publik, melakukan pengembangan sumber-sumber informasi dan memaksimalkan kompetensi atau kemampuan pustakawan, menyediakan sarana dan prasarana pendukung dalam pengelolaan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pelayanan Publik, Pelayanan Sirkulasi dan Referensi
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 16 Apr 2020 11:38
Last Modified: 16 Apr 2020 11:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item