PERAN WANITA MUSLIMAH DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI (STUDY KASUS KASUS PADA PETUGAS DINAS KEBERSIHAN KOTA JAMBI)

Destry Mustika Yeni, SES141266 and Ruslan, Muslin and Badaruddin, Badaruddin (2018) PERAN WANITA MUSLIMAH DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI (STUDY KASUS KASUS PADA PETUGAS DINAS KEBERSIHAN KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Destri Mustika Yeni (ses141266), bookmark - Destry Mustika Yeni.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran wanita dalam rumah tangga saat ini sudah bergeser ke ranah keluar rumah, dalam arti wanita bekerja keluar rumah untuk membantu perekonomian keluarga. Hal itu dilakukan agar bisa menunjang perekonomian keluarga mereka. Wanita penyapu jalan ini bekerja dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari. Keadaan yang demikian membuat para wanita dua peran sekaligus, yakni peran domestik yang bertugas mengurus rumah tangga dan peran publik yang bertugas di luar rumah atau bekerja untuk meningkatkan kesejaheraan keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui apa peran pekerja wanita dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga, dan (2) ingin mengetahui bagaimana peran wanita dalam meningkatkan kebutuhan dalam menunjang perekonomian keluarga. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ada 10 ibu penyapu jalan di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalm penelitian ini reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian sebagai pengurus rumah tangga dan juga membantu ekonomi keluarga dengan bekerja sebagai penyapu jalan bisa menunjang perekonomian keluarga mereka. Dengan penghasialan yang besar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Ruslan
Keywords / Katakunci: Peran Wanita, Wanita Muslimah, Perekonomian, Keluarga
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 03:51
Last Modified: 29 Apr 2020 13:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item