PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Rini Ade Fitria, TPG.151717 and Armida, Armida and Tabroni, Tabroni (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI)
RINI ADE FITRIA -TPG151717 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggambil latar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group inestigation pada tema organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes secara langsung dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan II dengan nialai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45,5% dan siklus II sebesar 72%. Sedangkan hasil tes peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran tematik dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% (belum mencapai KKM), dan hasil belajar tematik siswa pada siklus II sebesar 79% (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Group Inestigation, Hasil Belajar, pembelajaran tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 16 Apr 2020 12:01
Last Modified: 16 Apr 2020 12:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item