PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI

Deswani, Desi Amalia and Widdah, Minna El and Nugroho, Aris Dwi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
DESI AMALIA DESWANI TPG141085 - rani amalia deswani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berpendapat melalui model pembelajaran berbasis multiple intelligence dalam meningkatkan kreativitas berpendapat pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas IV SD Negeri 116/IV Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Multiple Intellegence dapat meningkatkan kreativitas berpendapat siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata, pada pra siklus, siklus I, siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu nilai rata-rata pra siklus siswa 56,14, nilai rata-rata evaluasi siklus 1 siswa meningkat 4,63 dengan rata-rata 60,77 dan pada nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 11,02 dengan rata-rata 71,79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Minnah El Widdah
Keywords / Katakunci: model pembelajaran Multiple Intellegence untuk meningkatkan kreativitas berpendapat.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 03:39
Last Modified: 05 Nov 2019 03:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item