EFEKTIVITAS FINTECH OFFICE BANK INDONESIA DALAM MANAJEMEN RISIKO DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN UNTUK KELANCARAN SISTEM PEMBAYARAN

Sari, Dedeh Ratna and Ismail, Muhammad and Habibah, G.W.I Awal (2018) EFEKTIVITAS FINTECH OFFICE BANK INDONESIA DALAM MANAJEMEN RISIKO DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN UNTUK KELANCARAN SISTEM PEMBAYARAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SES141257 Dedeh Ratna Sari Ekonomi Syariah - Muhammad Kurnia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Financial technology (fintech) terbukti membawa manfaat dan potensi risiko yang apabila tidak dimanajemen dengan baik dapat mengganggu kelancaran sistem pembayaran. Oleh sebab itu, skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan kinerja dan efektivitas Fintech Office Bank Indonesia dalam manajemen risiko dan perlindungan konsumen untuk kelancaran sistem pembayaran. Metode pengumpulan data kualitatif deskriptif ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kinerja Fintech Office BI terdiri dari perencanaan yang dilaksanakan melalui empat fungsi yakni, fungsi katalisator atau fasilitator, fungsi business intelligence, fungsi asesmen, fungsi koordinasi dan komunikasi. Sedangkan dari sisi pengelolaan Bank Indonesia mengelola regulatory sandbox sebagai wahana uji coba terbatas bagi penyelenggara fintech khusus yang berkaitan dengan sistem pembayaran. Kemudian Bank Indonesia dinilai mampu menghimpun 21 perusahaan penyelenggara fintech berkaitan dengan sistem pembayaran, 6 fintech pendukung pasar, 3 fintech penyelenggara penunjang dan 1 penyelenggara fintech di regulatory sandbox. Efektivitas Fintech Office BI didukung oleh faktor integrasi dan adaptasi, yaitu kemampuan mengadakan sosialisasi dan komunikasi melalui empat tahap yakni edukasi, konsultasi, fasilitasi dan pengawasan serta enam metode pendekatan melalui mentoring, capacity building, connecting, swing, slide dan sandbox. Namun disisi lain, efektivitas Fintech Office BI terkendala dalam pencapain tujuan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya batasan waktu tertentu dalam rangka mencapai visi dan misi, serta rencana jangka panjang dan jangka pendek yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ismail
Keywords / Katakunci: Efektivitas, Fintech Office Bank Indonesia, Manajemen Risiko, Perlindungan Konsumen, Kelancaran Sistem Pembayaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 27 May 2019 03:16
Last Modified: 05 Nov 2019 02:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item