LITERASI MEDIA MASSA DALAM KONTEK KONTEK PENANGGUNALNGAN PERILAKU NEGATIF ANAK (STUDI TERHADAP PEMANFAATAN TELEVISI SEBAGAI MEDIA AKSES INFORMASI DI KALANGAN MASYARAKAT DESA TANJUNG AGNG KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI

Kurniawan, Andika and S, Sayuti and Haqq, Athiatul (2018) LITERASI MEDIA MASSA DALAM KONTEK KONTEK PENANGGUNALNGAN PERILAKU NEGATIF ANAK (STUDI TERHADAP PEMANFAATAN TELEVISI SEBAGAI MEDIA AKSES INFORMASI DI KALANGAN MASYARAKAT DESA TANJUNG AGNG KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
bURNING DIKA - Andika Kurniawan.pdf

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Televisi sebagai Media Akses Informasi di Kalangan Masyarakat Desa Tanjung Agung Kab. Bungo Provinsi Jambi, Analisis Potensi terjadinya Dampak Negatif Literasi Media terhadap Anak dalam Menonton Televisi, Literasi Media Pada Orang Tua Dalam Media Parenting Pada Anak Usia Dini Menonton Televisi di Kalangan Masyarakat Desa Tanjung Agung Kab. Bungo Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan melibatkan Kepala Desa dan sebagian masyarakat Desa Tanjung Agung Kab. Bungo Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan literasi media televisi keluarga masih pada tingkat awal, dimana pengetahuan dan keterampilan orang tua media masih pada pengetahuan jenis, kategori, fungsi dan pengaruh media televisi. Keluarga (ayah-ibu) cenderung pasif menanggapi terpaan media. Demikian pula dalam hal pendampingan anak menonton televisi, pendampingan dilakukan dengan dua cara, yaitu: pembatasan jam menonton dan pemilihan isi tayangan serta melalui diskusi dan bertukar pikiran sebelum, saat, ataupun setelah menonton televisi. Di harapkan orangtua dapat menerapkan literasi media dalam keluarga dengan keterampilan mendampingi, menjelaskan memilihkan dan menjadwalkan kegiatan menonton anak. Juga pembatasan durasi menonton. Serta mencarikan kegiatan alternatif selain menonton televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sayuti S
Keywords / Katakunci: Pengaruh Media Televisi terhadap Anak, Perilaku Negatif Anak
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 24 May 2019 02:21
Last Modified: 05 Nov 2019 02:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item