PROBLEMATIKA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH QUHAS PRIMARY SCHOOL KOTA JAMBI

WAINI MARDIANA, TPG.141175 and Anwar, Kasful and Mahluddin, Mahluddin (2019) PROBLEMATIKA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH QUHAS PRIMARY SCHOOL KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PROBLEMATIKA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH QUHAS PRIMARY SCHOOL KOTA JAMBI)
TPG141175_WAINI MARDIANA_PGMI - Diana Jbi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika Mata Pelajaran Akidah Akhlaq dalam Penanaman Karakter Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Quhas Primary School Kota Jambi. Penelitian ini penulis lakukan guna untuk mengetahui implementasi mata pelajaran Akidah Akhlaq di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Quhas Primary School Kota Jambi, khususnya dalam penanaman karakter kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terfokus pada implementasi mata pelajaran Akidah Akhlaq dalam materi menghindari akhlaq tercela. Sasaran pengumpulan data yaitu kepala sekolah, guru Akidah Akhlaq kelas I dan juga siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Quhas Primary School Kota Jambi. Hasil penelitian ini, penulis memperoleh data dari teknik pengumpulan data tersebut yakni, Implementasi mata pelajaran Akidah Akhlaq kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Quhas Primary School Kota Jambi belum berjalan secara maksimal. Data yang diperoleh dari wawancara dan observasi yaitu guru tidak sesuai dengan bidang yang di ambilnya, sehingga guru merasa kesulitan dalam merancang pembelajaran terlebih dahulu. Ketika dalam kegiatan pembelajaran guru sering kali tidak menggunakan media yang mendukung pembelajaran. Guru juga belum sepenuhnya memahami pengimplementasian kurikulum 2013. Hal tersebut dikarenakan pihak sekolah juga belum mengadakan pelatihan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Selain itu, penulis menemukan permasalahan pada sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran Akidah Akhlaq kelas I. Hal tersebut dikarenakan pihak sekolah juga belum mengadakan pelatihan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematika Kurikulum 2013,Akidah Akhlaq
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.35 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 13 Apr 2020 06:59
Last Modified: 13 Apr 2020 06:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item