PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU PELECEHAN SEKSUAL NON FISIK DITINJAU DARI HUKUM POSITIF

Ishaq, Fadhli Muhaimin and Adawiyah, Robi'atul and Hadi, Syamsu (2022) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU PELECEHAN SEKSUAL NON FISIK DITINJAU DARI HUKUM POSITIF. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU PELECEHAN SEKSUAL NON FISIK DITINJAU DARI HUKUM POSITIF)
102190026 Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Pelaku Peleceha Seksual Non Fisik Ditinjau Dari Hukum Positif.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku pelecehan seksual non fisik ditinjau dari hukum positif dan apa yang menjadi penghambat dalam proses penegakan hukum terhadap pelaku pelecehan seksual non fisik. Skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu berupa penelitian hukum yang mengaitkan aspek hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku kemudian dihubungkan dengan kenyataan atau fakta yang terjadi di dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaturan terkait pelecehan seksual non fisik saat ini belum memenuhi aspek keadilan dan kepastian hukum. Dikarenakan undang-undang saat ini masih belum menjelaskan secara komprehensif bentuk pelecehan seksual non fisik seperti apa yang dapat dikenakan pidana serta undang undang saat ini belum memenuhi aspek keadilan karena masih ringannya sanksi yang diberikan kepada pelaku padahal kasus pelecehan ini masih sering terjadi di masyarakat maka diperlukannya kebijakan hukum pidana yang diharapkan dapat memberikan sanksi pidana terhadap perbuatan secara proporsional, sehingga dapat memenuhi aspek keadilan dan kepastian hukum. Sejauh ini untuk pertanggungjawaban pidananya dapat dikenai pasal 281 KUHP, pasal 9 dan 35 UU No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi, pasal 5 Undang-undang No 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Beberapa faktor yang menghambat aparat penegak hukum dalam menyelesaikan kasus pelecehan seksual non fisik ini karena masih banyaknya korban yang enggan untuk mengadu kepada kepolisian karena masih merasa takut dan tertekan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pertanggungjawaban pidana, Pelecehan Non Fisik
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:08
Last Modified: 04 Nov 2022 04:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item