SANKSI HUKUM TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARANTATA TERTIB STUDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI

ASMITA, MAYSY and Adawiyah, Robi'atul and Aiman, Muhammad (2022) SANKSI HUKUM TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARANTATA TERTIB STUDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (SANKSI HUKUM TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARANTATA TERTIB STUDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI)
102180067 SANKSI HUKUM TERHADAP NARAPIDANA YANG MELAKUKAN PELANGGARANTATA TERTIB STUDI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A JAMBI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Sanksi Hukum Terhadap Narapidana Yang Melakukan Pelanggaran Tata Tertib (Studi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jambi)”, sebagai bertujuan untuk menentukan sanksi hukum terhadap narapidana yang melakukan pelanggaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jambi.Penelitian ini menggunakan pendekatanyuridis empiris. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Bedasarkan penelitian yang diperoleh ditarik kesimpulan bahwa bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh narapidana di Lembaga Pemassyarakatan Kelas II A Jambi yaitu Pelanggaran tata tertib sesuai dengan Peraturan Menteri No. 6 Tahun 2013 yaitu, Pelanggaran Ringan, Pelanggaran Sedang, Pelanggaran Berat. Sanksi hukum tehadap narapidana yang melakukan pelanggaran yaitu memberikan tindakan disiplin dan menjatuhkan hukuman disiplin terhadap narapidana pemasyarakatan yang melanggar peraturan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan yang dipimpinnya. faktor penyebab adalah overkapasitas, kurangnya petugas keamanan, dan kurangnya kegiatan pengisi waktu luang. Sejauh ini upaya-uaya yang dilakukan oleh kepala lembaga pemasyarakatan belum memberikan efek jera yang terbesar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya terjadinya pelanggaran tata tertibdi tahun-tahun terakhir. Solusi yang diberikan adalahmemindahkan narapidana ke Lapas yang lebih memadai, pemisahan kamar blok narapidana yang terlibat dendam dan peningkatan sistem keamanan Lapas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan Sanksi, Pelanggaran Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan.
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Oct 2022 09:11
Last Modified: 28 Oct 2022 09:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item