PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI

Erni Lestari, TM. 151212 and El Hilali, Husni and Rapiko, Rapiko (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI)
Erni Lestari TM151212 Tadris Matematika - Erni lestari.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada materi Statistika di kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi yang memiliki kemampuan Pemecahan Masalah matematis rendah yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 130 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh . Dan hasil dari perhitungan korelasi diperoleh . Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2020 14:10
Last Modified: 11 Apr 2020 14:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item