FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERNIKAHAN USIA DINI (STUDI KASUS DI DESA PEMUSIRAN, KEC. NIPAH PANJANG, KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR)

Hasbi, and Kasir, Ibnu and Marlina, Siti (2018) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERNIKAHAN USIA DINI (STUDI KASUS DI DESA PEMUSIRAN, KEC. NIPAH PANJANG, KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
bookmark - hasbi assiddiqy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan usia Dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan seorang wanita yang umur keduanya masih dibawah batasan minimum yang diatur oleh Undang-Undang. Meskipun telah dijelaskan batas usia anak dapat melangsungkan pernikahan sesuai dengan Undang-Undang pernikahan, masih banyak orang tua di pedesaan yang menikahkan anak perempuan pada usia 14-16 tahun. Salah satu desa yang masyarakatnya masih banyak yang melakukan pernikahan pada usia dini yaitu Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dari hasil wawancara awal dengan beberapa informan di Desa Pemusiran, penyebab pernikahan usia dini didesa ini adalah karena masalah ekonomi, pendidikan, faktor orang tua, media/pergaulan, dan faktor adat. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat untuk mengetahui faktor faktor penyebab dan dampak terjadinya pernikahan usia dini di Desa Pemusiran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan data. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor-faktor penyebab ternjadinya pernikahan usia dini di Desa pemusiran antara lain faktor ekonomi, pendidikan, faktor orang tua, media/pergaulan, dan faktor adat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ibnu Kasir
Keywords / Katakunci: Pernikahan usia dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 May 2019 03:47
Last Modified: 05 Nov 2019 02:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item