Rahna, Rahna (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Pemasaran berbasis syariah memiliki posisi yang strategis karena pemasaran
berbasis syariah merupakan salah satu strategi pemasaran yang didasarkan pada
Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW, berbasis syariah adalah pemasaran yang
tidak hanya berorientasi pada laba namun juga mengandung nilai-nilai ibadah.
Penulis memberikan identifikasi masalah dari penelitian ini sebagai berikut:
Instagram @agrowisata_nanas untuk mempromosikan produk hasil warga Desa
Tangkit Baru dan Instagram @agrowisata_nanas dapat membantu segala kegiatan
bisnis, dimulai dari promosi secara online, dan pemasaran online sehingga
menambah income rumah tangga masyarakat di Desa Tangkit Baru. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif penggunaan instagram
@agrowisata_nanas dalam perekonomian di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai
Gelam Kabupaten Muaro Jambi dan Untuk mengetahui pemasaran berbasis syariah
dari instagram @agrowisata_nanas dalam mempromosikan hasil produk warga di
Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Penentuan
sampel dalam penelitian kualitatif dilakukan saat peneliti mulai memasuki lapangan
dan selama peneliti berlangsung (Emergent Sampling Design). Caranya itu peneliti
memilih orang tertentu yang di pertimbangkan akan memberikan data yang di
perlukan, selanjutnya berdasarkan data atau informasi yang di peroleh dari sampel
sebelumnya itu, peneliti dapat menetapkan sampel lainnya yang di pertimbangkan
akan memberikan data lebih lengkap. Praktek seperti inilah yang disebut sebagai
“Serial Selection of Sampel Units”. Informan yang akan peneliti wawancarai untuk
penelitian, yaitu: Hendra Kurniawan sebagai admin Instagram @agrowisata_nanas
dan pelaku usaha hanya dibatasi 5 orang yang hasil produk di promosikan admin
@agrowisata_nanas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai
Media Promosi Di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro
Jambi dengan menggunakan teori Nuruh Huda (2017) yaitu Produk, Harga,
Komunikasi, Komunitas dan Distribusi dan menggunakan model AIDA
mengggunakan teori Ramadan dan Fatchiya (2021) yaitu Perhatian (Attention),
Ketertarikan (Interest), Keinginan (Desire), dan Tindakan (Action).
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 00:57 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1348 |