PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS VII SMPN 47 MUARO JAMBI

MISRAN, TF. 140570 and Junaid, M. and Isnaini, Vandri Muhammad (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS VII SMPN 47 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS VII SMPN 47 MUARO JAMBI)
Misran TF 140570 Jurusan Pendidikan Fisika - Misran.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 47 Muaro Jambi dengan sampel kelas VII. Metode peneitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Sedangkan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A yang menggunakan pembelajaran macromedia flash dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan asumsi bahwa kedua kelas diajar oleh guru yang sama dan materi yang sama. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes dengan tipe pilihan ganda sebanyak 10 soal dengan materi tata surya. Dalam pelaksaan penelitian dilakukan 2 kali tes yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Analisis data menggunakan uji-t dari kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 4.727, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan db = 72 didapat ttabel sebesar 1.996 (interpolasi), maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Dari hasil uji-t, didapatkan perbedaan yang cukup signifikan. Pada pengujian korelasi phi (φ), didapatkan nilai φ = 0.826, sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dengan db =72 didapat rtabel sebesar 0.2318 (interpolasi). maka dapat dikatakan bahwa rhitung > rtabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan media pembelajaran macromedia flash terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Dengan menggunakan koefisien determinasi didapatkan besar pengaruh pembelajaran IPA sebesar 68.23%. dengan kata lain pengaruh pembelajaran macromedia flash terhadap penguasaan konsep IPA sebesar 68.23% dan sisanya 31.77% ditentukan oleh variabel lain. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Macromedia flash, penguasaan konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 11 Apr 2020 08:43
Last Modified: 27 Jan 2021 04:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item