PENGARUH ALOKASI DANA DESA (ADD) TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA RADEN ANOM KECAMATAN BATANG ASAI KABUPATEN SAROLANGUN

Herianto, Bambang and Fadhil, Muhammad and Kusnadi, Dedek (2018) PENGARUH ALOKASI DANA DESA (ADD) TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA RADEN ANOM KECAMATAN BATANG ASAI KABUPATEN SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
BAMBANG NIM SP120228 - Haris Hartono.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul pengaruh ADD terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Raden Anom Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui, pengaruh ADD terhadap pemberdayaan masyarakat, kendala yang ditemui dalam pengelolaan ADD dan upaya yang diambil dalam pengelolaan ADD terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Raden Anom Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat enam pengaruh ADD terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Raden Anom Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun, diantaranya Pembangunan Talud dan Jalan Setapak, Rehabilitasi PAUD, Pengadaan Bak Penampungan Air, Pengadaan Meteran Air, Pengadaan Alat Pemandi Jenazah, dan Pengadaan Alat-Alat Komputer; (2) Terdapat dua kendala yang ditemui dalam pengelolaan ADD terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Raden Anom, diantaranya; terbatasnya keterlibatan masyarakat, dan terbatasnya SDM yang memadai; (3) Terdapat tiga upaya yang diambil dalam pengelolaan ADD terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Raden Anom, diantaranya; peningkatan disiplin kerja, mengikuti pelatihan dan melibatkan masyarakat dalam pemanfaatan dana desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Fadhil
Keywords / Katakunci: Alokasi Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 May 2019 03:26
Last Modified: 05 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item