PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GUNUNG MELETUS KELAS V SD NEGERI 196 MUARO JAMBI

Uswatun Chasanah, TPG. 151739 and Salahuddin, Salahuddin and Azim, Paujan (2019) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GUNUNG MELETUS KELAS V SD NEGERI 196 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI GUNUNG MELETUS KELAS V SD NEGERI 196 MUARO JAMBI)
Uswatun Chasanah TPG151739 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 196 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif y ang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar SD Negeri 196 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen mada materi gunung meletus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) pe rencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 37% dan siklus II sebesar 56,5%. Sedangkan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70 (hampir mencapai KKM) dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 77 (mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian di SD Negeri 196 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: hasil belajar, metode eksperimen, pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 11 Apr 2020 04:16
Last Modified: 11 Apr 2020 04:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item