PERAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENGGUNAAN DAN BAHAYA NARKOBA TERHADAP REMAJA DI DESA TANGKIT KECAMATAN SUNGAI GELAM KAPUBATEN MUARO JAMBI

Siti Nur Anisah, Siti Nur Anisah and Gani, Ruslan Abdul and Aiman, Muhammad (2022) PERAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENGGUNAAN DAN BAHAYA NARKOBA TERHADAP REMAJA DI DESA TANGKIT KECAMATAN SUNGAI GELAM KAPUBATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Penggunaan Dan Bahaya Narkoba Terhadap Remaja Di Desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam Kapubaten Muaro Jambi)
SKRIPSI SITI NUR ANISAH.pdf - Published Version

Download (978kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Penggunaan Dan Bahaya Narkoba Terhadap Remaja Di Desa Tangkit Kec.Sei.Gelam Kapubaten Muaro Jambi. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang diambil bahwa penyalagunaan narkoba dan obat-obatan terlarang masih marak dilakukan dikalangan remaja. Hal ini terjadi karena beberapa persoalan, antara lain kemiskinan, rendahnya pendidikan, lemahnya penegakan hukum, kurangnya ketersediaan lapangan kerja. Selain itu kuatnya pemakaian narkoba yang menjalar sampai ke pelosok daerah. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana sudah efektif dilakukan, hanya saja yang menjadi salah satu hambatan dalam menangani pencegahan narkoba dikalangan remaja ini adalah timbulnya cara baru dalam melakukan transaksi jual beli narkoba yang mengakibatkan sulitnya memberikan arahan kepada para remaja. Adapun salah satu cara yang digunakan adalah melalui aplikasi online seperti wattshap, yang membuat sulitnya penegak hukum seperti kepolisian untuk melakukan penangkapan terhadap pengedar atau pun bandar narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran masyarakat, narkoba, remaja.
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:50
Last Modified: 28 Sep 2022 03:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item