ETIKA PEDAGANG MUSLIM DI KAWASAN PONDOK PESANTREN AL FATAH KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN

Wiwin Fauziah, EES.150903 and Yusuf, Maulana and Addiarrahman, Addiarrahman (2019) ETIKA PEDAGANG MUSLIM DI KAWASAN PONDOK PESANTREN AL FATAH KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (ETIKA PEDAGANG MUSLIM DI KAWASAN PONDOK PESANTREN AL FATAH KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN)
BOOKMART WIWIN FAUZIAH (EES 150903) - Ning Wiwin.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilainilai Islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran, sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Nilai etik, moral, susila atau akhlak adalah nilai-nilai yang mendorong manusia menjadi pribadi yang utuh. Seperti kejujuran, kebenaran, keadilan, kemerdekaan, kebahagiaan dan cinta kasih. Apabila nilai etik ini dilaksanakan akan menyempurnakan hakikat manusia seutuhnya. Pemahaman pedagang dikawasan pondok pesantren Al Fatah tentang etika bisnis Islam dalam aktifitas pandangannya masih sangat kurang. Hal ini dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa mereka mengerti arti lain dari etika seperti perilaku, sifat ataupun moral. Penerapan atau pelaksanaan dalam etika bisnis di kalangan pedagang belum sesuai dengan harapan, karena setelah penelitian melakukan wawancara hasil yang di dapatkan tidak sesuai dengan tindakan yang dilakukan ketika berdagang. Sedangkan dampaknya bagi masyarakat yaitu tercemarnya udara karena tidak adanya pembuangan limbah, Kendala yang dialami oleh pedagang rata-rata kurangnya modal, lahan yang sempit, dan kurangnya promosi. akan tetapi solusi yang seharusnya adalah pedagang tetap harus mengerti bagaimana etika bisnis berjalan sesuai dengan ajaran Rasulullah (Siddiq. Amanah, Tabliqh, Fathanah) dan di dapat dari pendidikan non-formal dari pondok pesantren tentang etika bisnis Rasulullah Saw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Etika Pedagang, Pemahaman, Penerapan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2020 02:32
Last Modified: 11 Apr 2020 02:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item