DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

FEBRIANI, HETY and Hasanah, Dewi and Nurmalia, Nurmalia (2022) DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI)
201180118 DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama islam berusaha secara maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Al-Quran dan As- Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama islam memerlukan metode pembelajaran yang cocok dan harus mendapat perhatian serius dari para guru agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Dalam mentransfer pengetahuan agama kepada siswa dibutuhkan desain atau metode pemmbelajaran agar para siswa mampu menangkap pesan yang hendak disampaikan. Karena pentingnya pembelajaran agama islam maka harus memperhatikan desain pembelajaran yang sesuai menjadi prioritas yang sangat diperlukan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi di SMP Neegeri 7 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data bersifat interaktif (berkelanjutan) dan dikembangkan sepanjang program penelitian. Serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan peneliti Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwasannya desain pembelajaran pendidikan agama islam berjalan dengan baik, ini terlihat pada ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran yang meliputi ketepatan dalam melakukan pendekatan, metode, memilih bahan ajar, pola interaksi dengan siswa dan pengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kemudian metode pembelajaran yang digunakan para guru di SMP Negeri 7 Muaro Jambi juga bervariasi, para guru memilih dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, kondisi dan situasi di kelas sehingga peserta didik mudah paham apa yang telah disampaikan oleh guru. Serta Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi sudah berlangsung dengan cukup baik karena pendidik mengupayakan memberikan yang terbaik dengan sebelumnya merencanakan terlebih dahulu sebelum mebmbuat evaluasi pembelajaran. Kemudian penilaian yang dilakukan oleh guru dengan memperhatikan peserta didiknya berdasarkan pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Di samping itu, dalam memberikan penilaian dari ketiga ranah tersebut guru memiliki caranya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Desain Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:59
Last Modified: 02 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item