MODEL GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA (STUDI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 47/IV KOTA JAMBI)

Mustakim, Mustakim and Rum, Muhammad and Miliani, Masyrisal (2020) MODEL GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA (STUDI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 47/IV KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Model Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi pada Sekolah Dasar Negeri 47/Iv Kota Jambi))
IPT131414 MODEL GERAKAN LITERASI SEKOLAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mustakim. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi pada Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi)”. Program Studi Ilmu Perpustakaan. Fakultas Adab dan Humaniora Pembimbing I: Muhammad Rum, S.Ag, SS, M.Si Pembimbing II: Masyrisal Miliani, SS., M.Hum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji tentang bagaimana gerakan literasi pada Sekolah Dasar Negeri 47/IV kota Jambi dalam meningkatkan minat baca siswa, apa hambatan yang dihadapi serta strategi dalam penerapan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Untuk mengukur validitas data digunakan trianggulasi-triangulasi sumber dan trianggulasi metode serta review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi, terdiri dari tiga tahapan, yaitu (a) Pembiasaan kegiatan membaca yang menyenangkan di ekosistem sekolah, (b) Pengembangan minat baca untuk meningkatkan kemampuan literasi, (c) Pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi. (2) Hambatan penerapan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi terdiri dari (a) Kurangnya koleksi buku bergambar, (b) Kurangnya keinginan atau kemauan pribadi dari siswa itu sendiri. (3) Strategi penerapan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi terdiri dari (a) Memperbanyak koleksi buku bergambar di setiap pojok baca, (b) Mengadakan lomba pojok baca dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Literasi Informasi, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:03
Last Modified: 02 Aug 2022 04:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item