HOME INDUSTRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI PADA DESA TAMBANG EMAS KECAMATAN PAMENANG SELATAN KABUPATEN MERANGIN)

NUGROHO, TIRSA GUSLIA and Tarmizi, A and Orinaldi, Mohammad (2022) HOME INDUSTRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI PADA DESA TAMBANG EMAS KECAMATAN PAMENANG SELATAN KABUPATEN MERANGIN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (HOME INDUSTRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI PADA DESA TAMBANG EMAS KECAMATAN PAMENANG SELATAN KABUPATEN MERANGIN))
501180057 Judul - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya home industry dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dan tinjauan islam mengenai peran Home Industry dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif dan bersifat deskriptif atau penjelasan. Penelitian ini lebih berfokus pada fakta yang terjadi dilapangan. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik home industry yang berada di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin , serta karyawan yang bekerja pada home industry tersebut. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, home industry yang berada di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi keluarga. Dimana indicator kesejahteraan dapat dilihat dari pendapatan, pendidikan, dan kesehatan. Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pendapatan yang diperoleh digunakan untuk biaya sekolah, serta terdapat beberapa pemilik home industry dan karyawan yang memiliki Kartu pintar Indonesia dan biaya kesehatan bagi keluarga yang sedang sakit dan juga para pemilik serta karyawan memiliki kartu BPJS yang bisa digunakan untuk meringankan biaya kesehatan atau berobat. Kedua, berdasarkan tinjauan islam indicator kesejahteraan dilihat dari tauhid, terpenuhinya kebutuhan panagan, dan hilangnya rasa takut. Dimana dalam menjalankan pekerjaan dan usaha diniatkan dengan tujuan yang baik maka akan menjadi ibadah kepada allah. Serta dalam menjalankan kegiatan usaha kebutuhan pangan dapat terpenuhi dengan baik dan sesuai dengan ajaran islam, selanjutnya semua kegiatan usaha dilindungi dan diperhatikan selama kegiatan produksi, dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang, selain itu pemenuhan kebutuhan maretial maupun spiritual terpenuhi dengan baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peningkatan Ekonomi Keluarga, indicator kesejahteraan, Home Industry.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:12
Last Modified: 30 Jun 2022 02:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item View Item