IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

Wardani, Dwi Fuspita and Trimadona, Eliza and Hindun, Hindun (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi)
Skripsi dwi fuspita wardani.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi metode pembeljaran peer tutoring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami dengan mudah materi yang akan disampaikan, sehingga mereka termotivasi untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah metode peer tutoring. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Penulis dalam pengambilan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) cara guru mengimplementasikan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. 2) Faktor pendukung meliputi: Adanya interaksi antara guru dan siswa, semangat siswa, guru dan siswa lebih akrab dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat meliputi: Guru Pendidikan Agama Islam sedikit kesulitan dalam menentukan siswayang akan menjadi Tutor, karena latar belakang siswa rata-rata hampirsama/ setara, Kurangnya persiapan dari para tutor, dan Kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif. 3) hasil yang di peroleh dari implementasi Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi khususnya kelas VII C, telah tertata dengan baik terlihat dengan adanya siswa lebih berani dan tidak malu lagi untuk men¬geluarkan pendapat dan bertanya kepada guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Implementasi Metode Pembelajaran, Peer Tutoring, Motivasi Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:09
Last Modified: 23 Jun 2022 08:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item