PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

DIAN WULANDARI, TPG.151660 and Ahmad, Saidah and Fatmawati, Kiki (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI)
DIAN WULANDARI - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan roda keberuntungan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi, mengetahui validitas dan efektifitas media tersebut, serta mengetahui perbedaan tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut model Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desaian produk, v alidasi desain, revisi desain, uji coba produk, re visis produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran permainan roda keberuntungan yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan konsep bermain sambil balajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan roda keberuntungan yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall sudah dikatakan valid. Tingkat kevalidan media permainan roda keberuntungan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaiain: (1) ahli pembelajaran tematik diperoleh presentase skor sebesar 89, 23% dengan kriteria sangat valid, (2) ahli media dan desain diperoleh presentase sebesar 90,76% dengan kriteria sangat valid, (3) ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,85% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kevalidan media oleh siswa uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 96,33% de ngan kriteria sangat valid dan uji coba lapangan diperoleh presentase sebesar 96,2%, serta memiliki tingkat efektifitas sebesar 93, 33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Permainan Roda Keberuntungan, Pemahaman Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 10 Apr 2020 09:57
Last Modified: 10 Apr 2020 09:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item