PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RAUDLATUL MUHAJIRIN TANGKIT BARU

BASO BAHARUDDIN, TM. 151197 and Aziz, Djisman and Gazali, M. Gazali (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RAUDLATUL MUHAJIRIN TANGKIT BARU. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA RAUDLATUL MUHAJIRIN TANGKIT BARU)
BASO BAHARUDDIN - Baharudin Jmb.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts Raudlatul Muhajirin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen . Desain yang digunakan adalah posttest only control design yaitu membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok. Kelompok pertama disebut kelompok eksperimen yang belajar menggunakan model Think Talk Write dan kelompok kedua disebut kelompok kontrol yang tidak menggunakan model Think Talk Write. Setelah proses perlakuan diberikan, kemudian kelas tersebut diberikan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dengan tipe uraian yang terdiri dari 5 soal.. Tes yang digunakan untuk penelitian dilakukan uji validitas. Untuk menguji kebenaran hipotesis dan menjawab rumusan masalah yang telah diklasifikasikan oleh peneliti, maka terlebih dahulu dilakukan analisis data. Analisis data diawali dengan pengujian prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian dilanjutkan dengan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa daripada yang tidak menerapkan model Think Talk Write. Faktor penyebab terjadinya hasil belajar siswa rendah dalam pembelajaran matematika adalah 1).Rendahnya keaktifan, dan pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan., 2) Kurangnya partisipasi siwa dalam pelajaran matematika, 3) Kurang optimalnya intreraksi antara guru dan siswa, maupun antara siswa dan siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran, Think Talk Write, hasil belajar,
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 10 Apr 2020 08:38
Last Modified: 10 Apr 2020 08:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item