ANALISIS EFEKTIFITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIMPANG IV SIPIN)

Nahdatullah, Nurkhairiyah and Arsa, Arsa and Khairiyani, Khairiyani (2021) ANALISIS EFEKTIFITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIMPANG IV SIPIN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS EFEKTIFITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIMPANG IV SIPIN))
Nurkhairiyah Nahdatullah-EES160523.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengetasan Kemiskinan (Studi Kasus Di Kelurahan Simpang Iv Sipin)”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan penyebaran angket. Dalam menentukan populasi dan sample digunakan metode purposive sampling dari 306 peserta PKH yang menjadi populasi, diambil 72 peserta PKH untuk dijadikan sampel, dengan memilih informan berdasarkan rekomendasi koordinator program keluarga harapan cabang Telainaipura. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis deskriftif dari data-data yang dikumpulkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, Efektivitas PKH yang di diukur melalui lima indikator yaitu: masukan, proses, keluaran, manfaat dan dampak. Ada dua indikator yang tidak terpenuhi oleh PKH di Kelurahan simpang IV sipin. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: tidak tepatnya penentuan (KPM) Keluarga Penerima Manfaat oleh pihak pengelola serta tidak tepatnya penerima bantuan dalam mengelola/mengalokasikan dana bantuan PKH yang diterima. Sehingga PKH yang sudah berjalan masih kurang efektif dalam mengentaskan kemiskinan di Kelurahan simpang IV sipin karena masih banyak penduduk miskin yang belum tercover oleh PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Program Keluarga Harapan (PKH), Pengentasan Kemiskinan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 03:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item