PRAKTIK PEMBACAAN AL-QUR’AN DALAM TRADISI NUJUH BULAN DI KELURAHAN SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI ( STUDI LIVING QUR’AN)

Faisah, Rita and Taufik, Ahmad and Ermawati, Ermawati (2022) PRAKTIK PEMBACAAN AL-QUR’AN DALAM TRADISI NUJUH BULAN DI KELURAHAN SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI ( STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PRAKTIK PEMBACAAN AL-QUR’AN DALAM TRADISI NUJUH BULAN DI KELURAHAN SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI ( STUDI LIVING QUR’AN))
301180081- Praktik Pembacaan Al-Qur'an dalam Tradisi Nujuh Bulan di Kelurahan Sridadi Muara Bulian Batang.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari suatu fenomena yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, yaitu fenomena praktik pembacaan Al-Qur’an dalam tradisi nujuh bulan: studi Living Qur’an di Kelurahan Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Hal ini dijadikan sebuah sarana untuk mendo’akan dan memohon keselamatan ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungan yang dilaksanakan saat usia ketujuh kehamilan, yang dipimpin oleh tokoh agama sekitar. Dari hal inilah penulis yang mendorong penulis untuk mengemukakan tentang sejarah dan gambaran umum mengenai tradisi nujuh bulan, selanjutnya bagaimana penerapannya serta pemahaman dari tokoh lembaga adat, tokoh agama, ibu hamil dan yang sudah melahirkan, dukun beranak serta bidan Kelurahan Sridadi. Adapun metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif (field research). Paradigma yang digunakan adalah paradigma fenomenologi dengan pendekatan Living Qur’an, oleh karena itu, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penulis menemukan bahwa fenomena praktik pembacaan Al-Qur’an dalam tradisi nujuh bulan: studi Living Qur’an di Kelurahan Sridadi sudah ada sejak lahirnya Kelurahan Sridadi hingga saat ini, adapun praktik pembacaan Al-Qur’an dalam tradisi nujuh bulan ini diawali dengan membacakan niat untuk mendo’akan dan memohon keselamatan ibu hamil, lalu membacakan beberapa surah pilihan yang dibacakan dalam waktu yang bersamaan. Pemahaman dari masyarakat, tokoh lembaga adat, tokoh agama dan lain-lain. Mengenai fenomena tersebut adalah Al-Qur’an dipandang sebagai obat hati dan sarana perlindungan dan keselamatan ibu hamil. Praktik pembacaan Al-Qur’an dalam tradisi nujuh bulan di Kelurahan Sridadi merupakan salah satu bagian kehidupan masyarakat tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Living Qur’an, nujuh bulan, Sridadi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:47
Last Modified: 02 Jun 2022 07:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item