PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG

ARTHA, ULLY and Wirman, Rahmi Putri and Hartoyo, Zainal (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG)
NEW WM SKRIPSI ULLY ARTHA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa sekolah menengah pertama negeri 1 Tanjung Agung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahapan refleksi yang terdiri dari dua siklus, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi dan dianalisis dengan tes kognitif, psikomotorik dan afektif . Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tanjung Agung. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang, 17 orang laki-laki dan 16orang perempuan.Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD telah meningkatkan prestasi belajar siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjung Agung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan pada kemampuan kognitif 17,22% yang masuk dalam kategori baik, psikomotorik 60%yang masuk dalam kategori sangat baik dan afektif 62,18%.Guru diharapkan kedepannya dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Fisika seperti menambahkan media pembelajaran atau lainnya agar penggunaannya menjadi lebih efektif, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi STAD, Fisika, hasil belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:54
Last Modified: 03 Jun 2022 02:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12399

Actions (login required)

View Item View Item