PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI

Julianto, Mhd. Hafiz and Usmar, Ali and Yusra, Dela Amrina (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-IHSANIYAH SARANG BURUNG MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Domino Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Aljabar Siswa Kelas VII Di Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi)
SKRIPSI MHD. HAFIZ JULIANTO UPLOAD.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah adalah salah satu lembaga pendidikan yang terletak di Desa Sarang Burung, Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menginvestigasi bagaimana pengaruh penggunaan media domino matematika terhadap pemahaman konsep aljabar dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimen yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memperoleh data melalui kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode posttest dengan teknik analisis data yang digunakan ialah uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrument, uji tingkat kesukaran butir soal, uji daya pembeda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media domino matematika yang diberlakukan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode biasa atau konvensional dan tanpa media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media, Domino, Pemahaman Konsep.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:07
Last Modified: 02 Jun 2022 03:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item