عملية التعليم اللغة العربية بالمدرسة العالية الاحسانية سرنج بورورنج موار جمبي

Darma, Mulya and Musli, Musli and Irfan, Irfan (2022) عملية التعليم اللغة العربية بالمدرسة العالية الاحسانية سرنج بورورنج موار جمبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (عملية التعليم اللغة العربية بالمدرسة العالية الاحسانية سرنج بورورنج موار جمبي)
TA151510 عملية التعليم اللغة العربية بالمدرسة العالية الاحسانية سرنج بورورنج موار جمبي - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab beserta kendala pembelajaran dan usaha yang dilakukan olehh guru dalam mengatasi hambatan belajar terserbut di madrasah serta usaha guru dalam meningkatkan muhadatsah bahasa arab Aliyah Al-Ikhsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran bahasa arab di madrsah aliyah, hambatan beserta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan dalam proses pembelajaran bahasa arab Aliyah Al-Ikhsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi dilaksanakan dengan memulai dari perencanaan, pelaksanaan metode dan strategi dan evaluasi pembelajaran. Dan hambatan pemebelajaran bahasa arab yang menjadi factor terdiri dari eksternal dan internal. Factor internal terdiri dari: latar belakang belajar siswa, minat yang didasarkan pada motivasi belajar dan factor eksternal: kesulitan materi pembelajaran, sedikitnya jam pelajaran, guru tidak berlatarbelakang bahasa arab, sedikitnya lingkungan berbahasa. Selanjutnya upaya dalam mengatasi hambatan pemebelajaran bahasa arab meliputi: pertama, pemilihan metode pembelajaran yang efektif, kedua, pembiasaan berbicara bahasa arab pada pembelajaran, dan ketiga, penambahan jam diluar pembelajaran efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: pembelajaran bahasa arab, hambatan, madrasah aliyah
Subjects: 000 Karya Umum
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:23
Last Modified: 02 Jun 2022 03:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item