PENGARUH WORKING CAPITAL TURN OVER, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2020)

MIRDA, MIRDA and Tarmizi, A and Orinaldi, Mohammad (2022) PENGARUH WORKING CAPITAL TURN OVER, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2020). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH WORKING CAPITAL TURN OVER, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2020))
503180099 Judul - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Working Capital Turn Over, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada masa pandemi Covid-19 perusahaan sektor industri barang konsumsi dalam daftar efek syariah tahun 2020. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Working Capital Turn Over, Likuiditas menggunakan proksi Current Ratio, Solvabilitas menggunakan proksi Debt to Asset Ratio. Variabel dependennya adalah Profitabilitas dengan proksi Return On Assets. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor industri barang konsumsi dalam daftar efek syariah tahun 2017-2020. Laporan tahun 2017-2019 digunakan untuk membandingkan rasio profitabilitas pada tahun 2020. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode statistic menggunakan analisis linear berganda, uji t, uji f, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Working Capital Turn Over dan Likuiditas (Current Ratio) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Solvabilitas (Debt to Asset Ratio) berpengaruh sigifikan kearah negatif terhadap profitabilitas. Dan secara simultan variabel bahwa Working Capital Turn Over, Likuiditas (Current Ratio), dan Solvabilitas (Debt to Asset Ratio) berpengaruh terhadap Profitabilitas (Return On Assets). Hasil perhitunngan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen yaitu Working Capital Turn Over, Likuiditas (Current Ratio), dan Solvabilitas (Debt to Asset Ratio) menjelaskan variabel dependen Profitabilitas (Return On Assets) sebesar 11,2% sisanya 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Working Capital, Turn Over, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 01 Jun 2022 01:56
Last Modified: 01 Jun 2022 01:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item