PRAKTIK JUAL BELI BUAH PINANG ANTARA TOKE DAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA BENTENG UTARA KECAMATAN SUNGAI BATANG)

Muntakhob, Ahmad and Yusuf, Maulana and Anita, Efni (2022) PRAKTIK JUAL BELI BUAH PINANG ANTARA TOKE DAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA BENTENG UTARA KECAMATAN SUNGAI BATANG). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PRAKTIK JUAL BELI BUAH PINANG ANTARA TOKE DAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA BENTENG UTARA KECAMATAN SUNGAI BATANG))
EES150574 Judul - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan jual beli yang jujur dan bersih diterapkan dapat menciptakan mauamalah yang saling menguntungkan diantara penjual dan pembeli yang pada akhirnya tercipta hablumminannas yang harmonis dan sehat. Namun apabila sudah ada praktik pengurangan timbangan, menyebabkan salah satu pihak yang dirugikan. Salah satu yang sangat penting dalam kegiatan jual beli adalah masalah takaran dan timbangan karena apabila seorang pedagang tidak sesuai dalam menimbang maka penjual atau pembeli akan merasa dirugikan sehingga kerelaan praktik jual beli tidak bisa dirasakan oleh penjual atau pembeli. Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana praktik jual beli buah pinang (masyarakat) di Desa Benteng Utara dan Bagaimana Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Buah Pinang di Desa Benteng Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah toke (pembeli), penjual atau petani buah pinang (masyarakat) di dsa benteng utara. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah praktik dalam jual beli buah pinang di Desa benteng utara. Adapun yang terjadi populasi dalam penelitian ini adalah mayarakat atau petani buah pinang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Samplingyaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observai, studi pustaka, wawancara dan angket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari lokasi peneliian berkenaan dengan beberapa kasus di Desa Benteng Utara. Sedangkan data skunder adalah data yang diperoleh dari pihak terkait, serta buku-buku atau kitab-kitab perpustakaan yang dapat membantu penelitian ini guna melengkapi data-data. Motode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriktif yaitu menggambarkan secara tepat masalah yang diteliti dengan data-data yang diperoleh kemudian dianalisis. Deduktif adalah mencari data yang umum untuk menarik kesimpulan secara khusus. Dan indukif yaitu mencari data yang khusus untuk mencari kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa di Desa Benteng Utara Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir telah lama terjadi transaksi jual beli buah pinang. Adapun yang menentukan harga dalam jual beli adalah pembeli buah pinang yang disebut dengan toke. Jika dilihat pada jual beli yang lain (selain jual beli buah pinang) yang menentuakan harga adalah penjual. Sehingga dia semena-mena terhadap penetapan harga pinang, dan mengakibatkan tidak adanya transparansiharga antara harga pinang dengan petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: praktik jual beli, toke, petani, perspektif islam
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:30
Last Modified: 02 Jun 2022 01:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item