ANALISIS PENETAPAN HARGA DAN PELAYANAN DI PASAR KOTA KUALA TUNGKAL (STUDI PERBANDINGAN PENGUSAHA ETNIS CHINA DAN PRIBUMI)

AYUB, AYUB and Ismail, Muhammad and Anita, Efni (2022) ANALISIS PENETAPAN HARGA DAN PELAYANAN DI PASAR KOTA KUALA TUNGKAL (STUDI PERBANDINGAN PENGUSAHA ETNIS CHINA DAN PRIBUMI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS PENETAPAN HARGA DAN PELAYANAN DI PASAR KOTA KUALA TUNGKAL (STUDI PERBANDINGAN PENGUSAHA ETNIS CHINA DAN PRIBUMI))
EES 150605 Judul - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengusaha yang terdapat pada Etnis Cina dan Etnis Pribumi di pasar Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Terbatasnya lapangan pekerjaan dan semakin ketatnya persaingan diantara para pencari kerja, membuat beberapa masyarakat Kuala Tungkal yang terdiri atas Etnis Pribumi dan Cina memilih bekerja sebagai wirausaha Melalui Penelitian ini terlihat karakter yang berbeda antara Etnis Cina dan Etnis Pribumi dalam berwirausaha. Etnis Cina dan etnis Pribumi yang memiliki filosofi, prinsip dan nilai hidup yang berbeda mendorong perilaku wirausaha yang terdiri dari tujuh aspek yaitu mau dan suka bekerja keras, berani mengambil resiko, percaya terhadap diri sendiri dan mandiri, bertanggung jawab, mudah bergaul dan hangat dalam berkomunikasi, berorientasi pada masa depan, serta menilai prestasi lebih tinggi daripada uang juga berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atauvertivikasi. Metode ini bertujuan untuk mengetahui ada perbandingan wirausaha Etnis Cina dan Etnis Pribumi di pasar kota kuala tungkal dan untuk mengetahui perbedaan perilaku wirausaha yang terdapat pada kedua etnis tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Perilaku Wirausaha, Etnis Cina, Etnis Pribumi
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 02 Jun 2022 01:32
Last Modified: 02 Jun 2022 01:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item