PENERAPAN STRATEGI BUZZGROUOP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI

Sulasri, Lin and Anwar, Kasful and Muhammad, Habib (2022) PENERAPAN STRATEGI BUZZGROUOP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN STRATEGI BUZZGROUOP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI)
SKRIPSI LIN SULASRI 4.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar pendidikan agama islam siswa yang menempuh pendidikan di sekolah menengah pertama. Adapun rumusan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu : Apakah Strategi Pembelajaran BuzzGroup dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 kota jambi pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam?”. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Strategi Buzzgroup dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa muslim Kelas VIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan angket, untuk melihat motivasi siswa dengan menggunakan instrument soal berbentuk essay. Dari penelitian yang dilakukan Peneliti Keberhasilan siswa dilihat dari tiap-tiap siklusnya, dimulai dari Observasi awal nilai rata-rata siswa yaitu 33,33%, jumlah siswa yang berhasil yakni 7 siswa dari 21 jumlah keseluruhan siswa, sementara target untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Pada siklus I nilai rata-rata 52,38% jumlah siswa yang berhasil yaitu 11 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 85,71%jumlah siswa yang berhasil 18 dari 21 jumlah keseluruhan siswa. Selain itu penyebaran angket pada siklus I persentase motivasi rata-rata yaitu 58,75% (sedang) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 71,5% (Tinggi). Dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Strategi Buzzgroup dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: BuzzGroup, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 May 2022 03:18
Last Modified: 31 May 2022 03:18
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item