PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI

Ramadhani, Amalia and Sanjaya, Budi and Wulanda, Mastarita Nova (2022) PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA RAMADHANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi KeluargaTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi dalam hal ini Prestas belajar yang diambil merupakan nilai rapor matematika siswa semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah memang benar antara tingkat sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa terdapat pengaruh/korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah sebanyak 40 peserta didik. 20 peserta didik kelas XI Unit Perjalanan Wisata(UPW) 1 dan 20 peserta didik dari kelas XI Unit Perjalanan Wisata(UPW) 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey, dimana peneliti memberikan 25 butir pernyataan berupa angket kepada 40 sampel. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji linieritas regresi dan uji Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini Secara umum terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Jambi karena nilai r hitung sebesar 0,451 dan harga signifikansi 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat sosial ekonomi keluarga, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Dengan demikian besarnya pengaruh tingkat sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa adalah 20,4% sedangkan 79,6% ditentukan oleh variabel atau faktor lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:39
Last Modified: 02 Jun 2022 03:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item