PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Nopia, Beti and Tanti, Tanti and Hartoyo, Zainal (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA)
FIX SKRIPSI MEI-BETI NOVIA-206172900 (1).pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar Fisika di SMA Negeri 1 Muaro Jambi masih rendah khususnya pada mata pelajaran fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada konsep usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design, dengan 60 orang siswa sebagai sampel yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe berupa soal essay dengan jumlah 12 soal. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 14,6 dan skor rata-rata pretest kelas kontrol adalah 15,3. Sedangkan skor rata-rata posttest untuk kelas eksperimen adalah 72,3 sedangkan skor rata-rata posttest kelas kontrol adalah 63,7. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,42 yang lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikansi 5% = 2,03 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,72) yaitu dengan demikian berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kegiatan pembelajaran Fisika .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 May 2022 03:44
Last Modified: 31 May 2022 03:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item