Penerapan Metode Tasmi’, Takrir, dan Muraja’ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin

Sudarmiah, Fetri and Julis, Dailami and Trimadona, Eliza (2022) Penerapan Metode Tasmi’, Takrir, dan Muraja’ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (penerapan metode tasmi', takrir, dan muraja'ah dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Quran santri di pondok pesantren darul muttaqien desa pauh menang kecamatan pamenang kabupaten merangin)
BISMIILLAH SKRIPSI FETRI SUDARMIAH_201180014 (3).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santri yang kurang bersungguh-sungguh, kurang mampu membagi waktu dalam mengulang hafalan, malas, rendahnya kesadaran santri dalam mengulang hafalan, adapun tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode Tasmi, Takrir dan Muraja’ah di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, mengetahui hambatan-hambatan dalam menghafal Al-Qur’an dan mengetahui upaya para penghafal Al-Qur’an dalam mengatasi hambatan. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren, Ustadzah, serta santri yang menghafal Al-Qur’an Bil Ghoib 30 juz, yang berjumlah 3 santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi-wawancara-dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti mengamati dan berpatisipasi secara langsung di lokasi tempat data berada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan metode Tasmi, Takrir dan Muraja’ah dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien sudah berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa hambatan. 2) Faktor penghambatnya yaitu: santri kesulitan memenage waktu, kurang bersungguh-sungguh, kurang menyadari manfaat metode Tasmi’, Takrir dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an. Dan juga kurangnya sarana prasaran. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu: memberi jam tambahan dalam kegiatan muraja’ah setelah shalat magrib, mengabsensi atau memberikan catatan-catatan kecil yang nantinya akan dievaluasi setiap hari jumat ataupun setiap menyetorkan hafalan kepada ustadzah, memberikan pemahaman dan memotivasi tentangnya pentingnya menghafal, mensetorkan dan mengulang kembali hafalan setelah hafal serta evaluasi hafalan Al-Qur’an setiap santri menyelesaikan hafalan tiap juznya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwasanya Penerapan Metode Tasmi’, Takrir, dan Muraja’ah dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, sudah berjalan dengan baik dan terstruktur walaupun masih terdapat beberapa hambatan, namun hambatan-hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan dapat ditemukan solusinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Tasmi’,Takrir, dan Muraja’ah, menghafal Al-Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 May 2022 02:07
Last Modified: 31 May 2022 02:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item