PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (BIOLOGI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 MUARO JAMB

DESCHA VINA SARI, TB.150939 and Alfian, Alfian and Safita, Reny (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (BIOLOGI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 MUARO JAMB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (BIOLOGI) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 MUARO JAMB)
Descha Vina Sari, TB.150939, Tadris Biologi - Descha vinasari.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dasain posttest only control desaign. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Peneliti menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep materi IPA yang menggunakan Mastery Learning lebih baik di bandingkan kemampuan pemahaman konsep yang tidak menerapkan Mastery Learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep materi yang menggunakan Mastery Learning diperoleh hasil rata-rata sebesar 76,23. Sedangkan pemahaman konsep materi yang tidak menggunakan Mastery Learning diperoleh hasil rata-rata sebesar 65,37. Terdapat pengaruh Mastery Learning terhadap Pemahaman Konsep Materi Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi) Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t5% < thitung > t1% sehingga di dapatkan 2,00 < 2,89 > 2,65. Besar pengaruh Mastery Learning terhadap Pemahaman Konsep Materi Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi) Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi yaitu dengan sebeasar 0,8 atau 79% kategori tinggi. Hasil penelitian ini menyarankan agar Pembelajaran dengan Mastery Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Mastery Learning (belajar tuntas), Pemahaman Konsep Materi Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 10 Apr 2020 04:35
Last Modified: 14 Apr 2020 14:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item