EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL BIDUK SAYAK DI DESA LUBUK SEPUH KECAMATAN PELAWAN KABUPATEN SAROLANGUN DITINJAU DARI PENGARUH BUDAYA ISLAM

Triatmaja, Sony and S, Sayuti and Aliyas, Aliyas (2018) EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL BIDUK SAYAK DI DESA LUBUK SEPUH KECAMATAN PELAWAN KABUPATEN SAROLANGUN DITINJAU DARI PENGARUH BUDAYA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
AS.111010_SONY TRIATMAJA_S1 - Sony Triatmaja.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesenian menggambarkan kebudayaan yang beranekaragam dari setiap wilayah di Indonesia. Kesenian memberikan warna pada suatu wilayah masyarakat dan memberikan gambaran umum tentang wujud suatu bangsa. Pada setiap kelompok muncul berbagai kesenian yang bersifat khas yang menjadi identitas masyarakat setempat. Salah satu daerah yang memiliki kesenian tradisional yang masih dipertahankan masyarakat adalah kesenian tradisional Biduk Sayak yang berasal dari desa Lubuk Sepuh Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun. Biduk Sayak biasanya dipertunjukkan sebagai hiburan masyarakat pada saat acara pernikahan warga desa. Kesenian tradisional ini tetap dipertahankan meskipun harus bersaing dengan hiburan yang bersifat modern seperti organ tunggal, atau hiburan orchestra. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui eksistensi dan perkembangan serta pengaruh budaya islam dalam kesenian Biduk Sayak. serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mempertahankan kesenian Biduk Sayak dan mengupayakan peningkatan eksistensi Biduk Sayak. Berdasarkan temuan lapangan, kesenian tradisional Biduk Sayak ini merupakan pertunjukkan hiburan saling berbalas pantun yang berisi nasehat bagi tiap penikmatnya, serta diiringi dengan tarian daerah yang menceritakan bagaimana pergaulan muda-mudi seharusnya. upaya yang dapat dilakukan dalam mempertahankan biduk sayak adalah mengajak muda-mudi dan masyarakat untuk mencintai kebudayaan daerah, serta peran pemerintah untuk menjadikan biduk sayak sebagai bagian bidang studi kesenian di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sayuti S
Keywords / Katakunci: eksistensi, kesenian tradisional, kesenian Islam
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 20 May 2019 04:38
Last Modified: 29 Apr 2020 12:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item