PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS ILMU AL- QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN SPIRITUAL QUOTIENT PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR JAMBI

MAIMANAH, SRI and Rizalman, Rizalman and Hartoyo, Zainal (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS ILMU AL- QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN SPIRITUAL QUOTIENT PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS ILMU AL- QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN SPIRITUAL QUOTIENT PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR JAMBI)
206180051 PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran integrasi sains qur’an terhadap kemampuan spiritual quotient siswa di SMP IT Diniyyah Al Azhar Jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group angket awal-angket akhir dimana teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket disini bertujuan untuk mengukur kemampuan spiritual quotient siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok subjek penelitian yaitu VIII E dan VIII F, yang diberi perlakuan dengan memberikan pembelajaran integrasi sains qur’an. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dengan Uji T adalah sebesar 4,099. Dilihat berdasarkan hipotesis kriteria H0 dapat diterima apabila -1,673 < thitung <1,673. Berdasarkan Thitung tidak berada diantara -1,673 ataupun 1,673 oleh sebab itu H0 ditolak, maka Thitung berada diantara H1. Sehingga dalam hal ini terdapat pengaruh pembelajaran integrasi sains ilmu Al-Qur’an terhadap kemampuan spiritual quotient pada materi cahaya dan alat-alat optik siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Diniyyah Al Azhar Jambi. Dilihat dari uji effect size, yaitu berarti pembelajaran integrasi sains qur’an memiliki kategori sangat tinggi terhadap kemampuan spiritual quotient siswa. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran integrasi sains qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan spiritual quotient siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Diniyyah Al Azhar Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran, Integrasi Sains Ilmu Qur’an, Spiritual Quotient
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 30 May 2022 07:30
Last Modified: 30 May 2022 07:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item