ANALISIS TES KOGNITIF BERBASIS TAKSONOMI BLOOM DI SDN 86/X HARAPAN MAKMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Rosmawati, Eka and Jailani, M. Syahran and Fatmawati, Kiki (2022) ANALISIS TES KOGNITIF BERBASIS TAKSONOMI BLOOM DI SDN 86/X HARAPAN MAKMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS TES KOGNITIF BERBASIS TAKSONOMI BLOOM DI SDN 86/X HARAPAN MAKMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)
204180039 -ANALISIS TES KOGNITIF BERBASIS TAKSONOMI BLOOM.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang analisis tes kognitif berbasis taksonomi bloom. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan level kognitif dalam soal-soal Volume Kubus Matematika kelas V, soal-soal Volume Kubus berbasis Taksonomi Bloom yang dibuat Guru Matematika cukup bervariasi, dan Kendala-kendala yang dihadapi Guru Matematika dalam pembuatan soal Volume Kubus yang sesuai dengan Taksonomi Bloom. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 86/X Harapan Makmur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi.Penelitian ini adalah jenis penelitian studi dokumen/ teks merupakan jenis penelitian kualitatif yang berbasis pada dokumen. Dengan kata lain, penelitian ini menitikberatkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Bahan yang diteliti bisa berupa soal, buku teks, surat kabar, majalah, film, catatan harian, naskah sastra, artikel, dan sebagainya. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut 1) membandingkan level kognitif dalam soal-soal Volume Kubus Matematika kelas V. Perbandingan dalam level kognitif dalam soal soal Volume kubus matematika kelas V, dari soal sebanyak 25 sebagai berikut level kognitif C1 (Mengingat) sebanyak 28,0%, kognitif C2 (Memahami) sebanyak 04,0%, kognitif C3 (Mengaplikasikan) 56,0%, Level Kognitif C4 (Menganalisis) 12,0%, dan Level kognitif C5 dan C6 tidak ada. 2) soal-soal Volume Kubus berbasis Taksonomi Bloom yang dibuat Guru Matematika cukup bervariasi, dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh dari peninjauan soal-soal Volume Kubus terhadap Taksonomi Bloom dapat dikatakan cukup bervariasi dalam pembuatan soal. Hal ini berdasarkan hasil temuan bahwa dari dua puluh lima soal menggunakan empat dimensi kognitif. 3) Kendala-kendala yang dihadapi Guru Matematika dalam pembuatan soal Volume Kubus yang sesuai dengan Taksonomi Bloom yaitu kurangnya guru dalam menguasai penerapan Taksonomi Bloom, kurangnya waktu dalam pembuatan soal, banyaknya siswa tidak menguasai materi, sulitmembuat kalimat soal dengan baik, pemilihan KD yang terkadang kurang tepat, guru kesulitan menyelaraskan soal dengan indikator sesuai dengan dimensi kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif, Teknik Tes, Kendala- kendala Pembuatan Soal
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Jun 2022 02:16
Last Modified: 01 Jun 2022 02:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item