تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة اللغة العربية عند التلاميذ في مدرسة الثانوية" أحمد دحلان" في مدينة جامبي (دراسة تحليلية في قواعد الاملائية)

Putri, Nurhaliza and Nurlaily, Nurlaily and Rosalinda, Rosalinda (2022) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة اللغة العربية عند التلاميذ في مدرسة الثانوية" أحمد دحلان" في مدينة جامبي (دراسة تحليلية في قواعد الاملائية). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
skripsi Nurhaliza putri.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. penelitian yg datanya diperoleh menggunakan cara belajar di lapangan atau turun pribadi kelapangan. Penelitian ini menganalisis Kesalahan menulis dalam penulisan bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ahmad Dahlan di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan masalah kesalahan siswa menulis mengeja dalam berbahasa arab di Madrasah Tsanawiyah di Ahmad Dahlan Kota Jambi Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Apa saja bentuk-bentuk kesalahan ejaan yang dimiliki siswa ditinjau dari kaidah ejaan menulis bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah di Ahmad Dahlan Kota Jambi. 2. Apa penyebab seringnya terjadi kesalahaan dalam menulis ejaan dalam bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah di Ahmad Dahlan Kota Jambi.3. Bagaimana solusi untuk mengatasi kesalahan ejaan dalam menulis bahasa arab pada siswa di Madrasah Tsanawiyah di Ahmad Dahlan Kota Jambi. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa: Penyebab kesalahan imla setelah mengunakan teori yang ada kesalahan yang dilakukan oleh siswa di Sekolah Ahmad Dahlan di kota Jambi diantaranya:kesalahan dari segi penulisan dengan jumlah yang berbeda-beda pada setiap surah diantaranya Kesalahan pada penulisan surah alfatihah,Kesalahan pada surah an-nas, Kesalahan pada surah al-maun. serta kesalahan pada hamzah washol dan hamzah qhot’i dan kesalahan dalam penulisan bahasa arab . penyebab kesalahan siswa adalah kurangnya pemahaman kosa kata bahasa arab, Kurang paham tentang tajwid dan tidak paham menulis huruf hijaiyah, Tidak paham kaidah, Kurangnya latihan mengenai imla dan kurang fokus dalam pembelajaran imla Solusi mengurangi kesalahn imla ialah dengan cara: 1. Peran guru Guru lebih memperhatikan lagi kesalahan imla dan memberikan latihan dalam penulisan bahasa arab, Ditambah dengan pemahaman kosa kata bahasa Arab, 2. menekankan tentang pemahaman terkait tajwid dan juga dalam penulisan huruf hijaiyah agar siswa lebih mudah dalam melakukan penulisan imla, 3. memberikan latihan atau pembelajaran terkait imla, dan mengunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran imla sekolah mendukung dengan memberikan fasilitas buku-buku yang berkaitan dengan imla agar lebih mempermudah siswa memahami apa itu imla dan qawaidul imla agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar bahasa arab. Kata Kunci: Maharatul Kitabah, , Qowa’id, Imla’.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: 000 Karya Umum
2x6 Sosial dan Budaya
800 Kesusastraan; Retorika & Kritik > 892.7 Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Arab
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 30 May 2022 04:35
Last Modified: 30 May 2022 04:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item