TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGURUSAN IZIN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI

Setiwan, Agus Anang and Fiadi, Agus and Kasir, Ibnu (2022) TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGURUSAN IZIN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGURUSAN IZIN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI)
SKRIPSI AGUS ANANG SETIWAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi dan akuntabilitas di Kantor Camat Alam Barajo Kota Jambi dalam pelayanan publik yang transparan dan akuntabel pada pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil dan Menenga dan untuk mengetahui hambatan dan upaya dalam penerapan transparansi dan akuntabilitas pada pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kantor Camat Alam Barajo Kota Jambi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Transparansi dalam pengurusan izin usaha mikro, kecil, dan menengah di Kantor Camat Alam Barajo secara garis besarnya masih banyak informasi layanan yang disediakan belum sesuai dengan pedoman teknisnya dan segi pemahaman masyarakat masih banyak informasi layanan yang belum dimengerti diantaranya prosedur layanan, ketentuan biaya, waktu penyelesaian layanan, dan nama-nama petugas yang melayani. 2) Akuntabilitas dalam pengurusan izin usaha mikro, kecil, dan menengah di Kantor Camat Alam Barajo dapat dikatakan sudah terwujud dengan baik, dapat dilihat pada indikator-indikator yang ada dalam akuntabiitas semuanya dapat dinilai baik oleh masyarakat. 3) Hambatan yang ditemukan adalah ketidak hadiran pejabat yang berwenang sehingga mengakibatkan prosedur berkas terhenti karena tidak ada yang menandatangani, tidak ada sosialisasi produk layanan kepada masyarakat dan tidak ada inovasi elektronik dalam publikasi produk layanan. 4) Upaya yang dilakuan adalah menyedian pelayanan pengaduan masyarakat, meningkatkan kinerja pegawai dan menyediakan sarana informasi pelayanan di Kantor Camat Alam Barajo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pelayanan Publik, Transparansi, Akuntabilitas, Izin UMKM
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 May 2022 09:01
Last Modified: 27 May 2022 09:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item