تطبيق بيئة اللغوية العربية في معهد دار التوحيد تمبينو مورا جامبي

Askuri, Adip and Musli, Musli and Mareta, Arma (2022) تطبيق بيئة اللغوية العربية في معهد دار التوحيد تمبينو مورا جامبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (تطبيق بيئة اللغوية العربية في معهد دار التوحيد تمبينو مورا جامبي)
202180027 تطبيق بيئة اللغوية العربية في معهد دار التوحيد تمبينو مورا جامبي.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Lingkungan memiliki peran yang penting dalam pemerolehan bahasa. Lingkungan bahasa merupakan fasilititas utama bagi para siswa dalam memperoleh bahasa pertama dan kedua. Didalam lingkungan bahasa terdapat beberapa faktor pendorong bagi para siswa sehingga menjadikan siswa semangat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa arab dan mengaplikasinya di kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. (2) Apa saja Faktor Pendorong dalam penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. (3) apa saja kendala dan upaya dalam penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. (2) untuk mengetahui Faktor Pendorong dalam penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. (3) untuk mengetahui kendala dan upaya dalam penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan lingkungan bahasa dipondok pesantren Darut Tauhid Tempino Muaro Jambi terbagi menjadi model lingkungan formal dan informal. Adapun kegiatan-kegiatannya sebagai berikut: (a) pemberian kosa kata, (b) Muhadatsah (percakapan), (c) muhadhoroh (pidato), (d) pengawasan oleh departemen bahasa. (2) adapun faktor pendorong dalam penerapan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darut Tauhid adalah motivasi dari diri sendiri dan kecerdasan, adapun faktor dari luar adanya sarana yang memadai, adanya pengajar yang berkompeten, adanya kegiatan dan pelajaran yang menunjang lingkungan bahasa, adanya dukungan dari seluruh pihak lingkungan bahasa. (3) terdapat kendala-kendala diantaranya: adanya anggota departemen bahasa yang kurang tegas dalam pemberian hukuman, tidak disiplin dalam berbahasa arab. Upaya dalam mengatasi kendala tersebut adalah berkonsultasi kepada guru atau pengurus bahasa, selalu membawa buku saku mufrodat, dengan mengadakan papan tulis mufrodat di tempat tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Lingkungan bahasa arab, kegiatan bahasa, pembelajaran bahasa.
Subjects: 000 Karya Umum
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 May 2022 08:46
Last Modified: 27 May 2022 08:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item